Jumat, 06 Mei 2011

TIPS MENCEGAH MABOK DARAT/LAUT


Mabuk laut atau mabuk darat yang dalam bahasa kedokterannya dikenal dengan nama motion sickness merupakan gangguan yang sering dialami mereka yang berpergian dengan kapal laut, pesawat udara dan mobil. Gejala ini timbul akibat goncangan goncangan yang dialami selama perjalanan menggunakan alat transportasi seperti kapal laut, mobil dan pesawat udara. Goncangan ini akan merangsang pusat keseimbangan di telinga tengah sehingga menyebabkan gejala gejala mabuk laut/udara.
Meskipun demikian, ambang mabuk tiap tiap individu sangat berbeda. Ada yang sangat mudah mengalami mabuk laut/darat, ada pula yang tidak. Hal ini mungkin disebabkan oleh berbagai faktor terutama kebiasaan dalam berkendara.
Gejala yang timbul saat mabuk laut/darat sangat bervariasi tetapi umumnya gejala utama adalah mual dan muntah. Gejala lain dapat berupa sakit kepala, kepala terasa ringan, keringat dingin, dan lain lain.

Bagi mereka yang sering mengalami mabuk laut/darat, berikut tips yang bisa dilakukan guna mengurangi keluhan yang anda alami :
  1. Saat menumpang kendaraan, usahakan pandangan anda seluas mungkin atau dengan kata lain, pandangan anda dapat mengikuti pergerakan  kendaraan. Saat di mobil, anda dapat duduk di bangku depan sehingga dapat memandang dengan lebih luas. Saat menumpang kapal laut, naiklah ke atas deck dan pandang pergerakan horison. Jika di pesawat terbang, duduklah di dekat jendela lalu pandang keluar dan ambilah posisi duduk yang dekat dengan sayap yang mana pergerakan pesawat minimal pada daerah itu.
  2. Jangan membaca saat bepergian dan jangan duduk menghadap ke belakang terutama bagi anda yang sering mabuk laut/darat.
  3. Jangan melihat atau berbicara dengan penumpang yang sedang mabuk.
  4. Hindari mengkonsumsi makanan pedas dan merangsang pencernaan sebelum dan selama perjalanan..
  5. Minumlah obat pencegah mabuk laut/darat sebelum anda berpergian.
  6. Hubungi dokter anda jika masalah mabuk ini sudah sangat menganggu anda.
Semoga perjalanan anda menyenangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar